Pages

Jumat, 18 Januari 2013

Telaga Sarangan



Akhirnya liburan tahun baruku telah usai. Cepat sekali rasanya liburan kali ini. Well, liburan kali ini saya pergi ke suatu tempat, tepatnya di lereng Gunung Lawu. Di kabupaten Magetan, kecamatan Plaosan.  Yups, tempat itu bernama Sarangan. . Sarangan sendiri adalah sebuah telaga yang terbentuk secara alami ribuan tahun yang lalu di lereng Gunung Lawu bagian timur.

Mungkin tempat ini akan terdengar asing di telinga mereka yang berada di luar dareah Jawa Timur. Yah, walaupun saya tidak yakin tempat ini terkenal di seluruh daerah Jawa Timur atau tidak. Jadi, terserah saja ingin menyebut danau ini terkenal ataupun tidak. Oke, sebenarnya tidak hanya telaga Sarangan yang berada di gunung tersebut. Masih ada telaga-telaga lain pula, seperti telaga Arya, dll. Namun di telaga inilah dianggap sebagai puncak semua telaga di lereng Gunung Lawu, karena di tempat inilah pusat adat-istiadat diadakan seperti Larung Sesaji, Malam Suro, Muludan, dll. Makanya tidak heran telaga Sarangan menjadi pusat perhatiannya.


Nah, di tempat ini pula, you can find everything that make you fun! Karena disini, tidak hanya telaga dengan sejuta keindahan serperti di telaga-telaga lain. Karena selain menikmati pemandangan yang disediakan oleh alam, pengunjung juga bisa menginap di hotel super mewah sampai super murah. Tapi kalau tidak mau menginap di penginapan, pengunjung juga bisa mendirikan tenda di area perkemahan yang diberi nama Bumi Perkemahan Sarangan. Itu jika kalian ingin menghabiskan beberapa hari disana. Untuk hiburan lain, pengujung juga bisa menikmati water sport yang telah disediakan. Diantaranya speedboat, boat and boatpedal. Atau mungkin pungunjung ingin memancing, it’s okay! Nah, kalau pengunjung bosen sama kegiatan-kegiatan yang udah saya sebutkan tadi, pengunjung bisa main di taman bermain Sarangan. Atau pergi mendaki menuju air terjun Sarangan. Tapi belum semua , karena kalau sudah capek jalan terus dari tadi. Pengunjung bisa naik kuda and tenang aja, because ada pak joki yang akan memandu kita supaya kudanya nggak lari terlalu kencang. Nah, kalau udah capek muter-muter terus, ada banyak warung-warung atau restoran. Tinggal pilih mau yang harga wow atau yang miring semua tersedia. Jangan lupa juga kalau kesini bawa pulang oleh-olehnya. Jangan panik! Karena semua oleh-oleh ada disini. Tinggak tunjuk barang 
dan membelinya kamu bisa membawanya pulang.





Saat pengunjung kesini jangan lupa mencoba cirri khas tempat ini, sate kelinci. Nggak terlalu mahal juga kok. Cuma 10.000 dengan lontong pasti. Atau jagung rasa yang anget banget baru dibakar di perapian. Khas yang lain disini adalah oleh-olehnya yaitu tahu kopong. Tahu ini menipu banget, soalnya saat dimakan Cuma ada kulitnya doang, padahala dari luar nih tahu menggembung kayak ikan kembung gitu. Tapi soal rasa, topnya deh pokonya! Kalau yang pengunjung pengen bawain oleh-oleh itu cewek, tingal beli tas anyaman dengan motif Magetannya. Jadi, bercirihkas banget pokoknya! Atau sepatu-sepatu, topi, sandal dari kulit yang dijamin kualitasnya dan jangan khawatir juga soal harga karena tempat barang berbahan kulit ini dibuat tidak terlalu jauh dengan daerah Magetan. Jadi harganyapun nggak terlalu tinggi. Yah, soal oleh-oleh sih terserah pengunjung yah!


salah satu penginapan di Sarangan
Ya ampun sampai lupa sama yang satu ini. Untuk semua kenikmatan yang pengunjung dapatkan tadi. Sebagai karcis masuk daerah wisata ini hanya membayar 3000 untuk orang dewasa dan gratis untuk anak-anak. Ditambah parkir 200-3000 perkendarann. Tergantung kendaraan yang pengunjung gunakan yah. Tapi, tarif ini bisa melonjak sampai 3 kali lipat saat musim liburan seperti Natal dan Tahun Baru.
Jadi, siap-siap aja macet banget saat pengunjung ingin ke Sarangan pada hari libur. Tapi jangan khawatir, kalau pengunjung pengen nggak kejebak kemacetan pengunjung harus lewat jalan pintas yang tidak terlalu popular sebenarnya, tapi aman kok. Tapi ada tantangannya, yaitu tanjakan yang menukik banget ditambah sedikit jalan rusak. Tapi jalan ini ampuh menghindari kemacetan. Tinggal belok di pertigaan terakhir ke daerah lading Sarangan. Kalau pengunjung belum tahu, mending tanya saja ke orang-orang sekitar, dijamin ramah-ramah orangnya!



Pokoknya berwisata di daerah Sarangan tidak akan mengecewakan. Siap-siap camera digital and handycam yah, soalnya rugi banget kalau pemandangan seindah ini tidak diabadikan. Terutama abadikan pulau yang ada di tengah-tengah telaga yah. Indah banget deh pokoknya!
Yah, pokoknya gitu deh! Nggak akan usai ngomongin indahnya Telaga yang satu ini. Jadi daripada penasaran mending buruan datang sendiri aja yah! Kalau pengen rame, yah datangnya pas musim liburan aja yah. Hehehe . . . ^_^

By        : Skygirl_Fly   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar