Pages

Rabu, 25 Juli 2012

Penciptaan Langit Dan Bumi


Bumi dan langit tidak akan tercipta tanpa ada yang menciptakan. Sebagai umat Islam, sudah selayaknya kita meyakini bahwa Allas SWT- lah yang menciptakan bumi dan langit. Selain itu, sebagai umat beragama sudah sepatutnya kita mengetuhi Ayat-ayat yang menguatkan Penciptaan Langit dan Bumi. Salah satunya adalah ayat Al Qur’an berikut:

للَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ
Artinya : “Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa.” (QS. Sajdah : 4)

Diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairoh, bahwa Rasulullah saw memegang tanganku dan bersabda:”Allah swt telah menciptakan tanah pada hari sabtu, menciptakan di bumi gunung-gunung pada hari ahad, menciptakan pepohonan pada hari senin, menciptakan yang tidak disukai pada hari selasa, menciptakan cahaya pada hari rabu, menyebarkan binatang melata di bumi pada hari kamis, menciptakan Adam pada hari jum’at setelah ashar yang merupakan akhir penciptaan di akhir waktu dari waktu-waktu hari jum’at yaitu antara ashar hingga malam.”

Hadits tersebut menceritakan tentang satu tahapan dari tahapan-tahapan perkembangan penciptaan bumi sehingga layak untuk dihuni. Hal ini dikuatkan oleh Al Qur’an yang menyebutkan bahwa sebagian hari disisi Allah sama dengan seribu tahun untuk bumi dan sebagiannya setara dengan lima puluh ribu tahun. Maka, bukan tidak mungkin Allah SWT menciptakan Bumi dan Langit 6 hari bagi-nya namun 6 hari tersebut tidaklah seperti hari-hari kita. Sebagaimana dijelaskan hadits, dengan demikian tidak ada pertentangan antara hadits dengan al Qur’an.

Sekarang, hal paling dekat yang bisa kita renungkan sesuai dengan pengetahuan kita sebagai manusia adalah hari-hari itu adalah zaman yang telah dilalui bumi dalam pembuatannya, masa demi masa sehingga bumi kokoh dan padat permukaannya sehingga menjadi layak untuk dihuni. Dan penciptaan itu seperti yang telah disebutkan oleh berbagai teori yang sering terdengar yaitu sekitar dua berjuta-juta tahun dari tahun-tahun bumi!
Wallahu A’lam...:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar