Pages

Sabtu, 23 Juni 2012

Kerajinan Dari Kain Flanel

Untuk mengisi liburan kenaikan kelas. Aku dan ketiga sahabatku membuat kesibukan ini. Kami berusaha membuat karya sekaligus belajar berbisnis ala kadarnya. Hasil karya kami juga dijual lho... Jadi, yang berminta untuk membeli bisa hubungi saya di 085336968840. Semoga bisnis kali ini lancar. Amiinn.....



Untuk semuanya yang ingin mengetahui lebih banyak model yang bisa dibuat dari kain flanel bisa browsing lewat internet kok. Soalnya, banyak banget contohnya. Kalau yang mau ngopy dari sini juga boleh, tapi harus minta ijin dulu yah. Gimanapun juga, ini kan hasil karya saya dan teman-teman.



Berikut ini saya akan berbagi cara bagaimana caranya membuat kerajinan dari kain flanel. Misalnya kita ingin membuat bros berbentuk lucu dai kain flanel.



Cara Membuat Bros Dari Kain Flanel :

1. Siapkan bahan
Bahan pertama yang kita butuhkan adalah kain flanel itu sendiri. Gunting, benang, jarum, lem lilin, lilin, dakron, pensil dan peniti bros.
2. Membuat pola
Buat bentuk bros yang ingin kita buat. Misalnya bentuk jerepah atau bunga atau dll. Setelah sudah yakin dengan pola yang kita buat, gunting pola tersebut. Janga lupa untuk membuat 2 sisi. Sisi depan dan belakang. Jadi, ada 2 lembar kain yang berbentuk pola untuk bagian depan dan belakang.
3. Eratkan keduanya
Eratkan kedua lembar kain yang sudah dipotong menurut pola tadi dengan benang. Jahitan jangan ngawur loh! Untuk menjahit kain flanel kita menggunakan tekhnik telusup. Supaya ketika dakron dimasukkan tidak akan keluar.
4. Pengisian
Jangan jahit seluruh bagian bros. Sisakan sedikit ruang untuk jalan masuk dakron. Setelah dakron dimasukkan secukupnya, jahit seluruh pinggiran bros agar kedua sisi menyatu dengan sempurna. 
5. Beri hiasan
Untuk lebih cantik, hias pola tadi sesuai dengan selera masing-masing. Denga ornamen bunga, jahitan mata, hidung, dll.
6. Beri peniti
Karena tadi kita membuat bros, maka bagian belakang bros harus diberi peniti. Cara merekatkannya kita menggunakan lem lilin dengan melelehkannya dengan api dari lilin. Hidupkan api, lali panaskan lem lilin dengan mendekatkannya pada lilin, jangan memanaskan lem lilin di atas api. Tapi, taruh lem lilin di bagian api yang berwarna bitu atau bagian dari bawah api agar lem tidak berwarna hitam. Setelah itu, rekatkan kain dengan peniti menggunakan lem lilin yang telah dilelehkan tadi. 

Bros sudah siap untuk dipakai. Semoga bermanfaat...!!! :D

rdc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar